
Perusahaan asal Korea Selatan, Mugunghwa Food sukses membawa Mok Doraji Cheong (ekstrak sirup dari akar bellflower) dijual di marketplace terkemuka Amerika Utara, yaitu Amazon. Keberhasilan ini menjadi pertanda bahwa popularitas makanan Korea di luar negeri semakin meningkat, terutama di tengah tren Hallyu atau Korean Wave secara global.
Pihak perusahaan menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan popularitas ini untuk mewakili budaya Korea di pasar Internasional.
Menurut Mugunghwa Food pada 3 Maret lalu, setelah mendaftarkan merek dagangnya di Amerika Serikat tahun lalu, mereka sudah memulai penjualan online di Amerika Utara melalui ‘Program Dukungan Masuk Bersama Chungcheongbuk-do x Amazon’ yang dibuat oleh Amazon Global Selling Korea. Tujuan program ini adalah untuk mendukung ekspansi perusahaan kecil dan menengah di provinsi Chungcheongbuk-do supaya bisa memasarkan produk mereka di pasar Internasional.
Melalui platform Amazon-nya, Mugunghwa Food menuturkan bahwa dengan memosting produk berbahasa Inggris dan menyimpan stok di gudang Amazon FBA di AS, mereka sudah siap mengirimkan produk secara cepat ke seluruh pelanggan luar negeri dan menargetkan pasar makanan kesehatan di Amerika Utara.
Pengolahan Produk Mok Doraji Cheong

Mugunghwa Food yang berdiri pada tahun 2008 ini selalu menggunakan metode tradisional dalam setiap pengolahan produknya, termasuk Mok Doraji Cheong. Akar bellflower, sebagai bahan utamanya akan diproses dengan suhu rendah 70 derajat celcius, lalu dipertahankan dengan suhu 37 derajat celcius selama 46 jam agar bisa mempertahankan kandungan probiotik tetap hidup.
Produk ini dikemas dengan bentuk praktis, yaitu kemasan stik dengan rasa yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat di berbagai negara.
Berkat penjualan dan dedikasi tinggi terhadap makanan sehat khas Korea Selatan, CEO Mugunghwa Food mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan desa pertama di Chungbuk yang berhasil mengekspor produk ke Amerika pada tahun 2019 oleh Gubernur di Hari Perdagangan.
Beliau menuturkan, walaupun ekspor Mok Doraji Cheong dimulai dengan skala kecil, tetapi mereka akan mengelolanya dengan penuh semangat supaya bisa mewakili Korea di pasar Internasional.