Peanut (P.nut), salah satu perusahaan kosmetik asal Korea Selatan baru-baru ini terpilih sebagai perusahaan unggulan, tepatnya dalam Program Platform Biz Chungbuk. Kabarnya, program ini didukung penuh oleh Kementerian UKM dan Start-up Korea serta Chungbuk Technopark.
Program tersebut terselenggara dengan tujuan membantu perusahaan kecil dan menengah untuk menembus pasar ekspor digital global, melebihi batas pemasaran tradisional. Selain itu, melalui program ini juga memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk secara virtual melalui platform metaverse dan terhubung dengan pembeli internasional.
CEO Jin Hong-Jong mengungkapkan adanya program ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaannya yaitu memungkinkan mereka menjalankan bisnis ekspor tanpa terbatas oleh waktu dan tempat.
Tentang Peanut dan Produknya
Lebih lanjut, sang CEO menuturkan melalui wawancaranya jika Peanut sendiri merupakan perusahaan kosmetik cosmeceutical (kosmetik dengan manfaat farmasi) yang berdiri pada 2021.
Sejak berdiri, mereka diketahui sudah meluncurkan tiga produk skincare berbahan ceramide di bawah merek DERMANIQUE, yang berfokus pada penguatan penghalang kulit dan elastisitas. Menariknya lagi di akhir tahun ini, Peanut berencana menambah tiga produk anti-aging baru ke dalam lini produknya.
Produk Ekspor Utama

P.Nut memiliki beberapa produk yang memiliki beberapa sertifikasi yaitu sertifikasi vegan dan sertifikasi kosmetik Eropa CPNP. Bahkan, ada juga yang telah berhasil masuk peringkat Excellent dari Dermatest Jerman.
Jin Hong-Jong menuturkan jika manfaat utama dari produk kosmetik yang diluncurkannya adalah membantu mengurangi gatal dan memperkuat skin barrier berkat kandungan ceramide generasi baru yang meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.
Selain itu menurutnya sejak berdiri, P.Nut telah berpartisipasi dalam berbagai pameran dan konsultasi ekspor, didukung oleh Chungbuk Technopark.
Dukungan dari Platform Ekspor Chungbuk Technopark
Adanya Platform Ekspor Chungbuk Technopark, menurut Jin Hong-Jong sangat membantu P.Nut dalam menemukan pembeli internasional dan meningkatkan kualitas produk.
Melalui program ini, diakuinya bisa memberi kesempatan bagi Peanut untuk melakukan pengujian produk di luar negeri. Bahkan, di tahun 2022, P.Nut berhasil memasok produk ke apotek di Georgia, Amerika Serikat serta memperluas jaringan pembeli di China dan Afrika Selatan.
Rencana Ke Depan
Saat disinggung tentang rencana kedepan, sang CEO menjelaskan jika Peanut akan terus optimis untuk memperkuat brand awareness meskipun sebagai startup mereka masih dalam tahap awal dalam membangun pengenalan merek.
Mereka telah membuktikan kualitasnya dengan mendapat perhatian besar di Cosmoprof melalui booth virtual 3D, dan mencapai posisi Top 3 di kategori MOM & BABY. Peanut berkomitmen untuk terus membangun citra merek dan memperkenalkan produk K-Beauty berkualitas di pasar global.